Januari 13, 2013

Hemat Energi Dimulai Dari Rumah


Hemat Energi Dimulai Dari Rumah 
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Hemat energi, hemat biaya. Tagline yang pernah digunakan Perusahaan Listrik Negara.
Baru-baru ini sebuah kompetisi hemat energi digelar di Inggris. Kompetisi dijalankan oleh Anglian Home Improvements telah menggali beberapa tips untuk menghemat energi dan uang, dengan membuat efisiensi energi di rumah.
Bertepatan dengan Big Energy Saving Week pada bulan Oktober lalu, kompetisi meminta pemilik rumah berbagi energi melalui media sosial di akun Anglian. Saat ini Anglian berhasil mengumpulkan beberapa tips favorit untuk membantu orang lain meningkatkan efisiensi energi dari rumah mereka selama bulan-bulan.
Tips ini bisa berguna bagi rumah kita. Berikut tips-nya.
* Berbagi hemat: Ketika kita pergi bersama teman identik dengan berbagi. Mulai dari berangkat menggunakan satu mobil atau motor, berbagi makanan, serta tempat duduk. Hemat biaya transportasi dan makan. Jika berbelanja di swalayan, ada baiknya kita membawa tas belanja sendiri. Hal ini untuk mengurangi sampah plastik di rumah.
* Atur suhu: Jika kita menggunakan AC pilih suhu 24 - 25 derajat celcius. Karena suhu tersebut cukup sejuk, dibandingkan kita mengganti-ganti setiap saat. Ada baiknya, sebelum membeli AC, pilih AC hemat listrik atau inverter. Hal ini mampu menghemat biaya.
* Tirai Murah: Tirai salah satu interior yang memercantik ruangan. Jika menginginkan rumah tampak beda pada Natal ini, tak perlu membeli tirai baru. Manfaatkan kain tradisional (batik, tenun) atau seprai untuk dibuat menjadi tirai. Pilih seprai atau kain yang sudah jarang dipakai, tetapi bahan dan warnanya masih terjaga.
* Komputer hemat energi: Berpikir untuk mengganti personal computer (PC) lama dengan yang baru? Pasalnya, PC saat ini menggunakan energi jauh lebih sedikit dibandingkan PC keluaran dua tahun lalu.
Masih banyak lagi penghematan yang dapat dilakukan. Misalnya membawa air minum dalam botol dari rumah, hal ini untuk menghindari membeli minuman botol plastik, matikan alat elektronik ketika meninggalkan ruangan atau rumah, menempatkan timah di belakang radiator panas untuk memanaskan kembali ruangan kita, dan lainnya.
"Kami benar-benar terkesan dengan tips hemat energi yang telah kami terima melalui kompetisi Big Energy Saving Week. Ada banyak hal-hal mudah, cepat yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan efisiensi energi rumah, serta beberapa perubahan jangka panjang seperti pemasangan jendela termal di pasar, yang akan memastikan hasil investasi maksimal dan banyak manfaat lainnya," ujar Melanie McDonald, Head of Marketing and cv Communications di Anglian Home Improvements. (Sumber: Female First)
Koran Futuristik dan Elegan
Tips
  • Hidup Sehat Berawal dari Dapur
  • Segudang Manfaat Sabun Cuci Piring, Buat Keramas Juga Bisa
  • Cara Putus Pacaran Tanpa Membuat Si Dia Tersiksa Sakit Hati
  • Tiga Tanda Teman Kencan Online Anda Sudah Punya Pasangan
  • Merawat Furnitur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar