Juli 10, 2012

5 Cara Meningkatkan Traffic Blog Dengan Pinterest

Mungkin bagi sebagian orang Indonesia, situs Pinterest masih terasa asing di telinga. Namun ternyata, website yang berupa buletin board ini sangat digemari orang,terutama di Amerika. Beberapa saat lalu bahkan diberitakan bahwa website ini dikunjungi hingga 10 juta orang perbulan. Dan itu baru di wilayah Amerika saja. Wah, jumlah yang fantastis, bukan ? Padahal, Pinterest bisa dibilang anak bau kencur, karena baru mulai beroperasi tahun 2010 lalu.
pinterest
Nah, apa sih sebenarnya Pinterest ? Pinterest ini merupakan website yang berbentuk buletin board, dimana orang bisa bebas berbagi foto dan pernak – pernik lain yang mereka sukai, dengan ditandai dengan “pin”, seperti layaknya di papan buletin. Cara pendaftarannya terbilang unik, bukan dengan sistem register seperti kebanyakan website lainnya, namun dengan sistem invite.
Ada dua cara untuk bisa di-invite dan bergabung dengan Pinterest. Yaitu dengan meminta undangan langsung lewat Pinterest.com, atau meminta teman Anda yang telah memiliki akun di Pinterest untuk mengundang Anda.
Nah, berhubung Pinterest sudah mulai booming di kalangan pengguna internet, para bloggerpun mulai melirik Pinterest sebagai ajang menaikkan tingkat traffic ke blog mereka.

Berikut ini adalah 5 cara meningkatkan traffic blog dengan pinterest:

1. Memposting foto di artikel
Karena Pinterest memang berbasis kumpulan foto, maka sudah seharusnya artikel yang Anda tulis disertai dengan foto. Pilihlah foto yang paling menggambarkan isi dari artikel tersebut, dan tentu saja sebaiknya dipilih foto yang berkualitas dan menarik. Dengan demikian, diharapkan bisa menarik perhatian pengunjung ke blog Anda. Walaupun sepertinya sederhana, namun ini merupakan salah satu dari 5 cara meningkatkan traffic blog dengan pinterest yang paling utama.

2. Memfollow sesama anggota Pinterest
Menjaga jaringan sesama pengguna pinterest juga tidak kalah penting. Karena dengan memfollow orang, maka bisa menambah pengguna yang mengintip profil kita, sekaligus membawa mereka ke foto yang di posting di blog kita. Namun, jangan sembarangan begitu saja memfollow orang. Kita harus memilih orang yang memiliki interest dan kategori yang sama dengan blog kita. Karena kalau asal memilih siapa saja, bisa – bisa melenceng dari keyword blog itu sendiri.

3. Berinteraksi dengan komen di Pinterest
Saling meninggalkan pesan atau komen yang positif antara sesama pengguna Pinterest juga bisa menambah user lain mampir ke blog Anda. Tentu saja berimbas dengan meningkatnya traffic Anda.

4. Letakkan Tombol “Pin It” ke blog Anda
Meletakkan tombol “pin it” ke dalam blog Anda merupakan salah satu dari 5 cara Meningkatkan traffic blog dengan pinterest yang efektif. Tombol ini berlaku seperti halnya tombol share untuk twitter atau Facebook, yang memudahkan orang untuk menshare postingan Anda ke dalam Pinterest mereka. Selain itu, lebih SEO friendly karena url postingan Anda masuk di url foto Pinterest, sehingga pengunjung Pinterest bisa langsung masuk ke blog Anda.
Tombol ini bisa dimasukkan dengan cara mengkopy kode html yang sudah disediakan ke dalam html blog Anda.

5. Promosikan Blog Anda
Tips terakhir untuk 5 cara meningkatkan traffic blog dengan pinterest adalah dengan mempromosikan blog Anda dengan mem”pin” beberapa postingan dari blog ke Pinterest. Namun perlu diingat, jangan menampilkan postingan secara berlebihan atau secara terus menerus karena ini bisa membuat pengunjung merasa gerah. Cukuplah dengan memilih beberapa artikel atau postingan yang menurut Anda paling menarik dan yang paling menggambarkan blog Anda, sebagai perkenalan kepada pengunjung baru.

Demikianlah 5 cara meningkatkan traffic blog dengan pinterest yang sangat efektif dan bisa Anda terapkan. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar