Juli 10, 2012

5 Fakta Cokelat Yang Perlu Diketahui

fakta cokelat / fakta coklat yang perlu diketahui


fakta cokelat / fakta coklat yang perlu diketahui. Siapa yang tidak suka cokelat / coklat ? Hampir semua orang suka cokelat / coklat, dari mulai anak – anak hingga orang tua. Kalaupun ada yang tidak suka, itupun mungkin dikarenakan rasanya yang terlalu manis. Tapi toh bisa diakali dengan makan dark cokelat/coklat, yang memiliki rasa sedikit pahit. Dijamin pasti suka.

manfaat cokelat


Tapi, ternyata banyak orang pecinta cokelat yang memilih mengurangi jumlah cokelat yang mereka makan. Alasannya, karena menurut mereka bisa membuat ketagihan, jerawatan, hingga gemuk. Padahal ini jelas – jelas salah besar.
Manfaat dan kegunaan cokelat ini sebenarnya banyak. Dan kalaupun berbahaya, paling hanya untuk penderita diabetes, yang memang harus mengurangi konsumsi manis. Atau, untuk hewan – hewan jenis tertentu, seperti anjing, tikus, kucing, kuda, dll.

Nah, berikut ini adalah fakta cokelat /  fakta coklat yang perlu diketahui :
1. Jangan takut cokelat / coklat akan membuat Anda gemuk. Karena, sebenarnya yang membuat gemuk itu adalah kadar gula yang dicampur ke dalam cokelat. Kalau cokelatnya sendiri sih malah dapat menetralkan lemak dan tidak meningkatkan jumlah kolestrol dengan kandung asam stearic yang ada di dalamnya. Tambahan lagi, nih, menurut penelitian, dengan minum secangkir cokelat panas sebelum makan, bisa membantu mengurangi nafsu makan. Mengkonsumsi cokelat batangan sebelum makanpun bisa menghilangkan napsu kita terhadap makanan berlemak lainnya. Jadi, alih – alih membuat gemuk, cokelat malah bisa membantu kita yang ingin berdiet.
2. Fakta cokelat yang perlu diketahui selanjutnya, adalah bahwa cokelat tidak menyebabkan ketagihan. Yang ada bahwa kandungan karbohidrat di dalamnya bisa meningkatkan serotonin dalam otak kita, yang bisa menimbulkan rasa nyaman dan relaks. Jadi, karena makan cokelat bisa menenangkan pikiran kita, otomatis kita jadi kepingin makan lagi biar bisa enak moodnya.
3. Jika Anda menuduh cokelat sebagai biang kerok rusaknya gigi karena sering memakannya, well, Anda salah. Lagi – lagi, itu adalah kesalahan gula yang ada didalamnya. Cokelat aslinya sendiri malah membantu menghambat adanya karies atau membusuknya gigi. Dengan 3 zat “pintar”, cokelat membantu memerangi keburukan di dalam mulut. Polyhydroxypheno bisa mencegah berkembangnya mikroba, zat flour yang jelas baik untuk pengerasan email gigi, dan fosfat yang membantu mentralkan asam yang disebabkan gula. Ada lagi, nih. Kandungan mentega cocoa juga bisa membantu membersihkan mulut dengan cepat, serta lemak cokelatnya membungkus email gigi dan mencegah timbunan plak muncul.
4. Satu lagi fakta cokelat / fakta coklat yang perlu diketahui, yang penting untuk kehidupan. Disebut penting untuk kehidupan, karena menurut penelitian, cokelat bisa membantu memperpanjang umur seseorang. Sudah dibuktikan melalui survey, bahwa orang yang makan cokelat dan permen selama hidupnya , akan hidup lebih lama dari yang tidak mengkonsumsi atau yang jarang memakannya. Dugaan sementara sih dikarenakan antioksidan fenol yang terkandung didalam cokelat dan permen. Namun yang pasti, selain antiosidan fenol, cokelat juga terdapat katekin yang bisa menghambat proses penuaan pada kulit. Maka itu, masker dengan cokelat sering digunakan di beberapa spa atau salon kecantikan.
5.  Fakta cokelat / fakta coklat yang perlu diketahui yang terakhir, seperti yang dibahas diawal, cokelat termasuk berbahaya bagi hewan – hewan tertentu, contohnya anjing, kucing, kuda, tikus, dll. Tingkat berbahayanya bahkan bisa mematikan. Penyebabnya, kandung kimia teobromin di dalam cokelat tidak bisa dicerna oleh metabolism hewan tersebut, sehingga akan terus ada dalam aliran darah mereka selama 20 jam. Nah, hal inilah yang dapat memicu mereka mengalami kejang – kejang, serangan jantung, hingga pendarahan di dalam yang bisa berakibat fatal. Jadi, jangan sekali – sekali memberi hewan peliharaan Anda dengan cokelat / coklat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar