Januari 22, 2014

Jangan Samakan Stretch Mark dan Selulit

Stretch mark dan selulit merupakan tanda tubuh yang lumrah dijumpai pada perempuan. Namun stretch mark dan selulit adalah dua hal yang berbeda.Jangan Samakan Stretch Mark dan Selulit
Meskipun tandanya hampir sama, terdapat cracking atau garis-garis. Biasanya ada di perut, paha, pantat, belakang dengkul, bahkan payudara.

"Kita suka rancu stretch mark dan selulit. Padahal keduanya tidak ada kaitannya. Meskipun munculnya di tempat yang sama atau tempat yang jarang dibuat gerak," dr. Amaranila Lalita, SpKK di Rumah Puan, Jakarta.

Stretch mark merupakan tanda garis garis tipis (ada yang tebal) pada kulit dengan panjang dan lebar bervariasi. Sedangkan selulit berkaitan dengan lemak yang berlebih di tubuh. Akhirnya terbentuk jaringan parut atau terlihat seperti stretch mark.

"Stretch mark terlihat jelas, kalau selulit biar kelihatan, kulitnya harus dicubit atau ditekan."

Lebih lanjut Amaranila menjelaskan, stretch mark terjadi karena peregangan kulit dengan cepat, hamil, badan kurus ke gemuk atau senaliknya. Dapat juga disebabkan karena pemakaian baju ketat. Pasalnya, pemakaian baju ketat atau korset itu membuat kulit trauma, sehingga menyebabkan peregangan kulit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar