Januari 22, 2014

Sup Ikan, Sehat dan Mudah Cara Memasaknya

Sup ayam sepertinya sudah menjadi makanan wajib bagi kita semua terutama karena protein dan karbohidratnya mampu memenuhi kebutuhan energi sehari-hari. Sup ayam memang enak apalagi jika disantap dengan nasi hangat. Namun, kandungan protein tidak hanya terdapat pada ayam saja, masih banyak sumber protein lain seperti ikan yang bisa Anda kreasikan menjadi sup untuk buah hati.


Selain protein, ikan juga mengandung Omega 3 dengan kadar berbeda-beda, tergantung dari jenis ikan apa yang diolah. Omega 3 yang tinggi kebanyakan terdapat pada ikan laut. Selain bisa menyehatkan jantung, menu ini juga baik untuk ibu yang sedang menjalani diet karena lemak yang dikandung juga rendah. Daging ikan mampu menghindarkan penikmatnya dari risiko asma dan kanker prostat. Semua kelebihan ikan ini bisa Anda dapatkan dengan mengolahnya menjadi sup. Resep di bawah ini bisa Anda jadikan referensi sebagai menu alternatif yang sehat untuk keluarga. Sup ini tidak mengandung banyak minyak, lemak, dan karbohidrat. Anda bisa mengonsumsinya langsung atau dengan nasi hangat.

Bahan:

250 gram daging ikan (kakap, gurami atau nila)
6 sendok teh minyak
5 siung bawang putih, cincang halus
½ buah bawang bombay, cincang kasar
3 batang seledri, cincang halus
1 buah tomat, cincang kasar
1 buah wortel, potong dadu
2 lembar daun salam
1 buah jeruk nipis
Bawang merah goreng secukupnya
Garam, merica bubuk, lada hitam,

Cara membuat:
- Lumuri daging ikan dengan jeruk nipis dan sedikit garam, sisihkan.
- Pada panci berukuran sedang, masukkan 1,5 liter air, minyak (sisakan sedikit untuk menumis), dan wortel. Didihkan hingga wortel menjadi empuk.
- Pada wajan terpisah, tumis bumbu seperti bawang bombay, bawang putih, dan daun salam sampai harum. Setelah matang, masukkan tumisan bumbu ini pada panci.
- Masukkan tomat (tomat dimasukkan terakhir karena cepat matang) dan seledri cincang.
- Setelah semua bahan sudah masak, barulah Anda bisa memasukkan ikan . Tekstur ikan jauh lebih mudah matang dan mudah hancur daripada ayam. Tunggu sampai ikan benar-benar matang.
- Angkat dan sajikan dengan taburan bawang merah goreng di atasnya.

Menu ini sangat mudah dibuat, bukan? Bahan-bahan yang digunakan juga sangat mudah ditemukan di pasar atau toko sekitar rumah. Sayur yang digunakan bisa disesuaikan dengan selera Anda. Sup ikan memiliki kelebihan yaitu bisa mengenyangkan penikmatnya lebih cepat daripada menu tumis atau goreng. Kuah yang lezat bisa mengurangi jumlah asupan makanan yang dikonsumsi. Menurut Barbara Rolls, sup ikan penting untuk mereka yang ingin mengurangi konsumsi kalori namun tetap merasa kenyang tanpa menambah berat badan. Menu sehat ini tentu sangat cocok untuk buah hati karena rasanya yang enak dan penuh nutrisi untuk kesehatan si kecil. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar