November 06, 2013

Mengungkap 18 Fakta Kebaya Versi Ferry Sunarto

Setiap wanita Indonesia pasti memiliki setidaknya satu kebaya di lemari pakaiannya. Apakah Anda selalu menemukan kesulitan untuk mencari ukuran yang pas agar tubuh terlihat lebih ideal, atau bingung cara mencuci dan merawat yang paling tepat?

Tim Style Factor mendaulat salah satu desainer kebaya top negeri ini, Ferry Sunarto, untuk menjawab 18 fakta seputar kebaya agar tak ada lagi situasi "Ah, kebaya ini membuat saya terlihat gendut," tapi diganti dengan pernyataan, "Ada pesta apa lagi ya agar bisa pakai kebaya lagi, karena aku terlihat cantik memakainya." Berikut adalah 18 pernyataan dari Style Factor yang harus dilanjutkan oleh Ferry secara spontan. (Foto: Dok. Ferry Sunarto)



Menurut Ferry setiap wanita saat berkebaya, ia harus melengkapinya dengan .. Inner beauty dan bahasa tubuh yang ketimuran.

Model kebaya terbaik yang cocok di wanita bertubuh gemuk adalah .. Yang simple, berkerah terbuka dan ujung lengan tidak terlalu ketat. Bila ingin menggunakan lace, pilih lace yang motifnya tidak terlalu kecil. Tapi pada dasarnya apapun bentuk badan Anda, kunci utamanya adalah rasa percaya diri.

Ketika Ferry mendesain kebaya untuk seorang klien, yang ada dalam pikiran adalah .. Sederhana. Bagaimana bisa menyelaraskan antara keinginan si klien dengan visualisasi saya akan tampilan si klien saat mengenakan rancangan yang saya suka.

Fashion moment terbesar Ferry adalah .. Mendapat undangan ekslusif dari kerajaan Schloss Buckeburg di Jerman untuk mewakili Indonesia dalam sebuah fashion show yang dihadiri oleh puteri dan pangeran Alexanderf dari Schaumburg-Lippe beserta 150 tamu VVIP kerajaan. Usai show, istri sang pangeran, Puteri Nadja Anna Zsoek membeli rancangan saya dan saya diundang untuk melakukan fitting di ruang pribadinya di istana.





Jika Ferry diberikan kekuasaan untuk boleh menetapkan aturan memakai kebaya di dunia, maka .. Justru
akan membebaskan pakem kebaya yang bisa menjebak ekspresi kreatif dalam mendesain. Namun, tentunya tetap menampilkan esensi look dari sebuah kebaya.

Cara terbaik memelihara dan merawat kebaya adalah .. Di-dry clean harus menjadi urutan pertama. Pilihan kedua adalah dicuci sendiri dengan deterjen khusus kain halus dan tidak boleh dijemur langsung di bawah matahari. Cukup di angin-anginkan, lalu simpan dalam boks, jangan lupa masukan gel silikon agar tidak berjamur.

Menurut Ferry payet pada kebaya itu adalah .. Detail penting untuk mempercantik dan membuat lebih glamor sebuah kebaya. Akan tetapi penempatan yang salah justru akan membuat kebaya terkesan tidak berkelas.

Satu gaya khas kebaya Ferry yang selalu menjadi best seller adalah .. Kebaya yang bisa menampilkan kesan “Sophisticated Glamour”.

Menurut Ferry, wanita Indonesia itu akan cantik sekali berkebaya bila bentuk tubuhnya .. Diselubungi oleh rasa percaya diri tinggi. Semua wanita punya kesempatan yang sama untuk bisa tampil cantik. Serahkan tugas mempercantik ini kepada desainer yang punya jam terbang tinggi dalam mempercantik wanita.

Yang harus dilakukan bila kain kebaya tak sengaja tertarik benangnya atau sobek sedikit adalah .. Tak usah panik. Jangan pernah menarik benang atau mengguntingnya. Kebaya harus diperlakukan dengan cara yang khusus. Bila kain sobek atau benang tertarik, langkah yang harus dilakukan adalah ditisik (disulam) atau ditutup dengan aplikasi kain di tempat yang bermasalah.

Menambahkan fabric softener ke dalam air bilasan saat mencuci kebaya itu.. Hanya boleh dilakukan untuk kebaya katun atau encim, dan kebaya lace dari polyester. Khusus kebaya lace perancis dan berpayet sebaiknya didry clean di binatu, sebab benangnya terbuat dari natural fiber yang butuh perawatan ekstra.

Pasangan bawahan terbaik untuk kebaya menurut Ferry adalah .. Untuk dress code “Kebaya Nasional”, batik atau tenun adalah pasangan yang paling serasi. Di luar itu, menurut saya tampilan kebaya sudah seharusnya dikembangkan dalam look yang ‘out of the box’ . Misalnya dipadu dengan celana panjang atau bahkan rok mini sekalipun.



ferry dan model


Jika bisa memilih satu orang yang ingin dipakaikan kebaya rancangan Ferry, orang itu adalah .. Kate Middleton. Sebab sebenarnya beberapa look dari kebaya itu sendiri sudah pernah diterapkan di tubuhnya, yakni ketika menikah dengan pangeran William. Saat royal wedding itu berlangsung, jutaan mata memuji gaun Kate yang jelas bagian atasnya adalah kerah kebaya . Jadi, saya bisa membayangkan jika salah satu kebaya saya dipakai oleh beliau, tentunya kebaya Indonesia akan menjadi sumber inspirasi mode bagi dunia juga.



kate middleton kerah

Di waktu luang saat tidak memikirkan model kebaya, Ferry .. Traveling mencari inspirasi dengan berkeliling ke Asia atau Eropa. Dengan traveling banyak kejutan yang bisa memperkaya passion saya dalam menjalani hidup. Entah itu dalam pekerjaan, kreatifitas, cara saya bersosialisasi dengan lingkungan , menghargai alam ataupun hal simpel seperti berinteraksi dengan keluarga.

Jika ada klien yang membuat Ferry gila karena permintaan model kebayanya yang norak, maka .. Saya dan sebagian besar desainer biasanya mempunyai ‘soul’ di setiap rancangan. Bila bertolak belakang, saya tidak pernah memaksakan diri untuk melawan soul itu.
Jika Ferry diberi 1 juta dolar untuk membuat kebaya, maka kebaya rancangan saya itu akan berbentuk .. Sangat spektakuler. Baik dari detailnya, kainnya, konstruksinya, dan pasti akan berupa adikarya yang dikategorikan Haute Couture.

Kebaya itu sebaiknya disimpan dengan cara .. Untuk kebaya yang menggunakan bahan french lace cenderung elastis , maka sebaiknya dilipat di dalam boks lalu disimpan di dalam lemari. Sebab gantungan baju bisa mengubah bentuk kebaya.

 

kerah kebaya
Cara memilih kerah kebaya itu .. Disesuaikan dengan panjang pendeknya leher. Jika lehernya pendek, disarankan kerahnya tidak boleh tinggi, dan sebaliknya. Jika tubuh agak berisi sebaiknya memilih potongan kerah yang lebih terbuka. Selain itu untuk yang berdada kecil dengan leher pendek sebaiknya tetap menghindari kerah tinggi, tetapi pilih yang model vertikal dengan lekukan model scallop yang memanjang. Contoh yang bisa ditiru adalah kerah gaun pengantin Kate Middleton itu tadi.

Kebaya yang dipasangkan dengan tas hermes birkin dan sepatu Louboutin itu .. Pantas saja. Kebaya tak harus tampil konvensional, saya selalu berprinsip bahwa cara pakai kebaya harus out of the box. Coba bayangkan, kebaya berlengan ¾ yang dipadu dengan celana palazzo dari silk yang dikenakan dengan sepasang sepatu Louboutin dan tas Hermes Birkin, pasti sangat “Sophisticated Glamour”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar