Agustus 22, 2013

9 Cara Efektif Mengusir Stres

Hidup sehat memang penting, tetapi sehat tanpa bahagia itu yang tidak boleh. Tidak perlu kemewahan dan uang untuk mengatasi atau mengurangi stres karena urusan pekerjaan, rumah, dan lain-lain. Banyak cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk menjadi sehat dan bahagia, yaitu:
    9 Cara Efektif Mengusir Stres
  1. One By One. Apa maksudnya? Selesaikan pekerjaan Anda satu demi satu. Jangan teralihkan oleh tugas-tugas lain yang masih menumpuk, karena hanya akan membuat otak Anda kusut karena berpikir terlalu banyak. Kurangi games di PC Anda, singkirkan gadget-gadget dari hadapan Anda yang dapat mengganggu konsentrasi Anda terhadap pekerjaan yang harus Anda selesaikan saat itu. Dengan begitu, fokus Anda tidak teralihkan dan Anda dapat menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu.
  2. Buatlah Jadwal. Iya, buatlah jadwal dalam buku agenda Anda tentang apa saja yang harus Anda kerjakan hari ini. Misalnya, mempersiapkan bahan meeting si bos, bertemu dengan klien penting, pulang kantor ambil laundry, dan sebagainya. Tuliskan dengan warna tinta yang berbeda agar tetap menarik dan menyegarkan mata. Tapi, jangan sampai Anda mangkir atau terganggu hingga jadwal tersebut tidak terlaksana. Belajarlah untuk mengatakan “tidak!” pada janji-janji yang tidak terlalu penting saat itu.
  3. Tertawa. Tertawalah saat ada teman Anda yang melucu untuk menurunkan nerve Anda dari ketegangan pekerjaan. Ingatlah bahwa tertawa juga merupakan salah satu anjuran dokter tentang olahraga mulut sederhana selain mengunyah permen karet.
  4. Bergerak. Jalan kaki, jogging, bahkan mengepel dan menyapu adalah kegiatan sederhana yang tidak memakan banyak uang tapi tetap bermanfaat. Jika Anda memiliki pembantu di rumah, Anda bisa ikut menyapu dan mengepel rumah pada saat weekend. Sederhana memang tetapi bermanfaat bagi tubuh. Atau, luangkan waktu Anda di pagi hari dengan berjalan-jalan atau jogging. Lakukan apa yang lebih senang Anda lakukan, yang penting tetap bergerak.
  5. Be Creative. Melakukan sesuatu yang kreatif seperti melukis, menulis, memainkan alat musik juga dapat mengurangi stres. Merangkai bunga atau membantu anak mengerjakan tugas kerajinan tangan dari sekolahnya pun dapat menjadi alternatif mengurangi stres. Kegiatan seperti ini juga membantu Anda mengurangi rasa bosan dari rutinitas sehari-hari yang biasa Anda lakukan.
  6. Seek For Peace. Apa yang bisa membuat Anda tenang? Sebagian orang mungkin akan mengatakan dengan bergerak atau olahraga seperti yoga, pilates, dan lain-lain. Bukan hanya itu, berendam, membaca, meditasi, bahkan berkebun di halaman belakang rumah juga bisa menenangkan pikiran. Temukan aktivitas yang dapat menenangkan Anda dan lakukan setiap hari.
  7. Beres-beres. Jika Anda tidak memiliki waktu luang untuk beres-beres rumah padaweekdays, lakukanlah pada saat weekend. Buanglah barang-barang yang tidak penting dan hanya memenuhi ruang di rumah Anda. Anda juga bisa menata ulang kamar dan lemari pakaian Anda. Jika ada baju yang sudah tidak terpakai lagi, Anda bisa sumbangkan ke pemulung atau mungkin menggalang Garage Sale for Charity bersama teman arisan Anda.
  8. Jangan Terlambat. Mungkin ini yang paling sulit dilakukan ketika kita berhadapan dengan kemacetan Jakarta atau berhadapan dengan kendala-kendala lain yang akhirnya membuat kita terlambat. Tetapi, cobalah datang lebih awal. Sediakan jeda waktu untuk satu pekerjaan dengan pekerjaan yang lainnya. Sediakan waktu ekstra untuk dandan, atau mempersiapkan hal-hal kecil yang biasanya terlupakan. Lebih terorganisir hasilnya pasti lebih baik.
  9. Fruits and Vegetables. Buah dan sayuran adalah bahan makanan yang bisa mengurangi stres karena kesegarannya. Konsumsilah buah dan sayuran sesering mungkin agar tetap segar. Salad dan rujak bisa menjadi alternatif Anda untuk mengkonsumsi makanan-makanan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar