September 20, 2013

Jus Semangka, Redakan Nyeri hingga Langsingkan Tubuh

Studi baru menunjukan bahwa selain membantu mencegah penyakit jantung jus semangka juga dapat membantu meredakan nyeri otot. Mengapa demikian?
Jus-Semangka-Redakan-Nyeri-hingga-Langsingkan-Tubuh
Jus semangka telah lama populer dikalangan para atlet, namun para peneliti baru sekarang memberikan alasan untuk terus mengonsumsi jus semangka. Hal ini diyakini karena kandungan asam amino L-citrulline yang ditemukan dalam buah semangka, mampu mempercepat waktu pemulihan para atlet dan dapat juga meningkatkan kinerja mereka.
Dalam sebuah berita yang diterbitkan oleh Journal of Agricultural and Food Chemistry, para peneliti menjelaskan bahwa semangka memiliki sifat antioksidan dan potensi untuk meningkatkan protein otot, dan ini adalah yang pertama kalinya para peneliti menganalisa efektivitas jus semangka yang diperkaya dengan L-citrulline.
Tim peneliti yang dipimpin oleh Dr. Encarna Aguayo, PhD., dari University of Cartagena-Food Engineeing Program, Spanyol, melakukan uji coba terhadap para relawan yang diberikan dua minuman satu jam sebelum berolahraga, sebagian relawan diberi jus semangka alami yang mengandung L-citrulline dan sebagian lagi diberi satu minuman berenergi yang tidak mengandung L-citrulline.
Hasilnya menunjukan bahwa L-citrulline dalam jus alami buah semangka lebih baik untuk tubuh, hal ini disebabkan karena zat kimia alami tersebut dapat mempercepat proses penghapusan asam laktat yang diketahui dapat menyebabkan rasa panas pada otot dan menimbulkan rasa nyeri.
Dilain tempat para peneliti dari Purdue University, AS, juga percaya bahwa buah semangka dapat menghentikan kolesterol ‘jahat’ (LDL) yang dapat menyebabkan penyumbatan arteri dan mengakibatkan seseorang mengalami gagal jantung.
Para peneliti juga menemukan, bahwa mengonsumsi buah semangka secara teratur membantu mengontrol berat badan seseorang dan menghilangkan penimbunan lemak pada pembuluh darah. Mereka meyakini bahwa rahasia kesehatan dari semangka terletak pada kandungan L-citrulline yang terkandung dalam jus semangka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar