September 22, 2013

TIP & TRIK PRE-WEDDING: CARA EFEKTIF MENEMUKAN VENDOR YANG TEPAT






Dengan menjamurnya House of Bridal (HOB), Makeup Artist (MUA), dan Rental Gown sekarang ini, berarti semakin banyak pilihan yang bisa ditilik oleh bride-to-be. Makin pusing? Jangan donk ya. Melalui tulisan kecil ini, saya ingin sedikit membantu mempermudah para bride-to-be dalam menentukan langkah-langkah apa saja yang harus diperhatikan sebelum memutuskan pilihan House of Bridal (HOB), Makeup Artist (MUA), dan Rental Gown yang tepat agar momen pernikahan nantinya sesuai dengan harapan, dan berkesan.

Bride-to-be and Groom-to-be, keluarga, kerabat dan sahabat mengingat pernikahan ini adalah momen yang dinanti-nanti, jangan lupa untuk melibatkan pasangan dalam menentukan pilihan. Hal ini dipercaya dapat memberikan dampak positif seperti rasa saling peduli dan saling memiliki satu sama lain. Jika pasangan menyerahkan semuanya pada Anda bukan berarti terima beres ya, minimal update info terbaru dan tanyakan pendapatnya. Selain dengan pasangan, hubungan dekat dengan keluarga, kerabat maupun sahabat sangat membantu. Tidak hanya urusan memberikan pendapat, mereka juga mampu meringankan sisi psikologis bride-to-be yang sensitif dan lebih emosional atau menjadi penengah dalam situasi apapun. Berikut beberapa hal penting yang perlu dipersiapkan:

· Budget

Berapa budget yang Anda siapkan khusus untuk makeup, hairdo, dan gown-nya. Banyak paket menarik yang ditawarkan oleh HOB/MUA tetapi terkadang tidak semuanya sesuai dengan keinginan Anda. Suka gaunnya, tidak suka makeup-nya atau sebaliknya. Solusi? Survey! Terakhir? Ikuti kata hati. Banyak juga kok sekarang yang menyewakan gaun pernikahan cantik dan MUA yang memberikan jasa wedding makeup dengan harga terjangkau.

· Referensi

Referensi bisa timbul dari mana saja dan siapa saja. Anda yang sudah punya MUA langganan tiap kali ke pesta, sepertinya tidak perlu bingung lagi menentukan pilihan. Karena dia sudah tahu setiap kontur wajah dan sudut mata Anda dengan pasti. Pick her for your wedding day! Why not?? Kalo masih buta, nol soal referensi gimana donk? Diskusikan dengan keluarga, kerabat, saudara atau teman baik Anda yang sudah lebih berpengalaman.

· Tren Makeup

Pernikahan adalah momentum special 1x seumur hidup (long last), pastikan wedding look Anda tidak lekang oleh waktu. Maksudnya? Jangan sampai setelah 5-10 tahun kemudian saat kalian membuka album foto pernikahan akan ketakutan dan malu sendiri karena terlihat "NGGAK BANGET". Contoh : Dolly Look yang dipadankan dengan gaun kebaya pengantin modern atau baju pengantin ala Eropa. Bukankah riasan itu lebih cocok untuk Cosplay? Lain cerita dengan bride-to-be yang memang menginginkan tema pernikahan keseluruhan yang unik seperti : Horror, Cosplay (Japan Anime Look), Moulin Rouge, Circus, dan lain-lain.

· Survey

Kunjungi Wedding Fair yang biasa diselenggarakan di mall adalah cara termudah, tapi jangan menyerah sampai disitu saja ya, belum tentu mereka yang tidak mengikuti Wedding Fair tidak kompeten di bidangnya loh. Anda bisa survey melalui internet, temukan melalui kata kunci untuk hal yang ingin kamu cari atau bergabung di forum khusus wedding atau bisa juga melalui website beautiplan ini. Karena tiap MUA dan HOB memiliki keunikan dan kekhasannya masing-masing, temukan beberapa yang paling mendekati atau persis dengan style dan mau Anda. Jangan mudah terkecoh dengan hasil portfolio pre-wedding, wedding, engagement, party yang WOW biasanya didukung oleh photography dan editing yang WOW. Be smart! Alangkah lebih baik jika Anda bisa melihat foto sebelum dan sesudah non editing yang lebih nyata.

· Komunikasi

Sampaikan lewat sharing, baik tema pernikahan (indoor/outdoor), jenis kulit/rambut, alergi/tidaknya Anda pada merk tertentu dan makeup seperti apa yang Anda inginkan (bisa menunjukkan gambar/foto), karena MUA/HOB yang baik akan mendengar apa yang menjadi keinginan Anda. Tetapi perlu digarisbawahi bahwa mungkin nantinya tidak semua keinginan Anda akan terpenuhi. Tidak perlu kecewa dahulu, karena MUA/HOB yang baik bukan sekadar mengiyakan kemauan Anda tanpa memandang pantas/tidaknya, tetapi mereka akan memberikan saran dan pertimbangan yang lebih baik untuk Anda. Temukan chemistry lewat komunikasi 2 arah ini.

· Test Makeup

Sudah menemukan beberapa kandidat yang mantab di hati? Woohooooo…! Segera tentukan jadwal tes makeup dengan berbekal sharing yang sudah dilakukan sebelumnya dan PERCAYAKAN pada mereka. Beberapa MUA/HOB memberikan tes makeup gratis untuk bride-to-be, beberapa lainnya memberikan charge tersendiri untuk tes makeup ini. Setiap MUA/HOB mempunyai kebijakan tersendiri dalam tes makeup wedding, seperti pengerjaan separuh wajah, pengerjaan full tidak boleh digunakan untuk keperluan foto, tetapi ada juga yang tidak serewel itu kok. It’s not a big deal. Everyone has their own rules right? Disarankan tes makeup ini hanya untuk one look, selain kedua belah pihak lelah fisik dan mental selama pengerjaan, makeup yang sudah dibongkar pasang kehilangan originalitasnya and it will look messy.

· Make A Deal

Well…! Sudah tahu jasa siapa saja yang bakal dipakai dalam hari pernikahan Anda nanti? Entah ituMakeup Artist, House Of Bridal, Rental Wedding Gown kondang maupun pendatang baru, bukan masalah. Ketentuan pembayaran, ketentuan pengerjaan, dan apa saja yang perlu diperhatikan. Beberapa MUA/HOB kondang biasanya menerima jasa ini hingga harus antre di hari H. Hal yang perlu diperhatikan adalah pengerjaan secara beruntun tidak menutup kemungkinan menjadikan hasil tidak maksimal; negosiasi adalah hal yang biasa terjadi, namun ada beberapa hal yang mungkin sudah menjadi bahan pertimbangan dari vendor tersebut sehingga paten (fixed). Seni adalah buah ketekunan dari bakat (talent), ketrampilan (skill), dan gairah/minat (passion) yang tidak dimiliki oleh setiap orang.Last but not least, pertimbangkan semuanya secara matang sebelum membuat kesepakatan (make a deal) untuk mewujudkan momen indah Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar